Rabu, 08 Juni 2011

Memasang Alat-alat Untuk Menyambungkan Ke Jaringan (LAN)


Alat-alat :
  1. Kabel UTP sepanjang 2 meter 

2. Connector sebanyak 4 bh


3. Tangkrim

4. alat tes

5. pemotong kabel
Cara Kerjanya :

  1. Awalnya, dari kedua ujung dari kabel tersebut dikupas kulitnya sepanjang 2 inc ( 2,5 cm), didalam kabel tersebut terdapat 8 buah kabel, yaitu warna orange (O), hijau (H), biru (B), coklat (C), orenge putih (OP), hijau putih (HP), biru putih (BP), cokelat putih (CP).
  2. Kabel tersebut diluruskan atau direbonding sesuai dengan standar warna yang telah ditentukan, kemudian kabel tersebut dimasukkan kedalam connector dimulai dari sebelah kiri yaitu
         B                         A
  1.  OP                     HP
  2. O                        H
  3. HP                      OP
  4. B                        B
  5. BP                     BP
  6. H                       O
  7. CP                     CP
  8. C                       C
   3.   Urutan kabel tersebut  adalah 1,2. 3,6. 4,5. 7,8. dan dari kedua susunan diatas boleh digunakan, itu    tergantung pada kita untuk memakai yang mana, tetapi yang sering digunakan adalah urutan yang B. Keterangan dari susunan diatas, pada bilangan ganjil   terdapat warna putih.
4.  Kemudian kabel-kabel tersebut dimasukkan kedalam connector sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Sebelum dimasukkan kedalam connector kabel-kabel tersebut disamaratakan.
5. Kemudian kabel tersebut di masukkan ke alat Tangkrim untuk di krim.
6. Setelah di krim,  kemudian di tes dengan alat Tes untuk mengetahui berhasil atau tidaknya. Apabila tidak berhasil maka harus di ulang kembali dari awal, dan alat connector yang sudah terpasang tidak bisa digunakan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar