Sabtu, 16 April 2011

tips berhenti nge-ROKOK

All about "Rokok"




KEBENARAN TENTANG NIKOTIN - ROKOK
Ketagihan Rokok Berbahaya !
Tahukah anda bahwa :
- Ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain.
- Lebih muda anda mulai mengisap rokok ,maka lebih kuat rasa ketagihan anda untuk merokok.
- Kebanyakan pemakai narkoba dan peminum alkohol bermula dari perokok.
Bagaimana perokok menjadi ketagihan?
Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin :
- Merasa cepat marah, hampa atau geram.
- Cemas atau gelisah.
- Stres dalam bekerja.
Kelegaan yang anda nikmati dari setiap batang rokok hanyalah sementara dan gejala-gejala tersebut akan kembali semula. Anda kemudian akan menyalakan sebatang lagi rokok dan tidak lama kemudian , anda menjadi ketagihan kepada nikotin.
Secara perlahan nikotin akan mengakibatkan perubahan pada sel-sel otak perokok yang menyebabkan anda merasa perlu merokok lebih banyak untuk mengatasi gejala-gejala ketagihan.
SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN
Perokok boleh menjadi ketagihan dengan cepat karena :
- Nikotin meresap ke dalam tubuh dengan mudah.
- Tidak seperti racun lain , rokok mudah didapat sehingga mudah untuk dikonsumsi.
Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.
KEBIASAAN YANG MENGUNDANG MAUT
Ingat - rokok tidak hanya mengandung nikotin. Setiap hembusan asap juga mengandung 4.000 bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit serius. Itulah sebabnya mengapa ketagihan nikotin mengakibatkan lebih banyak kematian dan penyakit daripada ketagihan racun yang lain.
JANGAN TERPEDAYA
Ada rokok yang dikatakan lebih aman karena mengandung kadar nikotin yang rendah. Hal ini tidak benar ,karena rokok jenis ini sama bahayanya dengan rokok lainnya. Jadi serendah apapun kadar nikotin dalam rokok adalah berbahaya.
BEBASKAN DIRI ANDA
Jauhkan diri dari rokok - jangan sekali-kali mencobanya sebagai suatu kebanggaan. Ia hanya memerlukan bberapa batang rokok untuk menjadi ketagihan.
Jika anda telah menjadi seorang perokok, jangan berputus asa. Ketagihan nikotin bisa diobati tetapi seperti racun lain ,anda perlu waktu dan usaha untuk mencapai keberhasilan. Banyak perokok berputus asa apabila mencoba berhenti merokok karena mereka belum siap untuk menghadapi gejala-gejala ketagihan . Siapkan diri anda secara fisik dan mental dan dapatkan dukungan keluarga serta teman-teman anda.
JANGAN TERJEBAK MITOS ROKOK
Merokok itu keren dan modern
1. Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah, nafas bau dan kantong kering. Apakah ini tandanya keren dan modern ?.
Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok
2. Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu, beranikah untuk mengatakan “tidak”. Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya bangga juga.
Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau
3. Yang benar adalah . Sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat aditif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan mereka sulit untuk berhenti.
Merokok membuat kamu seksi
4. Pernah dengar ? Mencium perokok seperti mencium asbak, ini sih keterlaluan. Tapi iya juga! Belum lagi rambut dan baju kamu berbau seperti cerobong asap.
Merokok menjadi badan langsing
5. Kalau ini benar , kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa gemuk atau kurus.
Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan
6. Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 - 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboro pun mati karena kanker paru.

Ingin punya paru-paru seperti ini???????!!!!!!!!!!!!! :



atau seperti ini ?! :



segeralah ke warung terdekat dan blilah rokok sebanyak2nya dan hisaplah sebanyak2nya tiap hari sebanyak yang anda dan kantong anda mampu!

DIJAMIN ANDA AKAN MEDAPATKANNYA!!!
jaminan mutu!!!

Kalau sedikit tidak apa-apa
7. Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.
Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok
8. Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , Tidak harus ikut-ikutan.
Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana
9. Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar ? Dari mana untungnya ? Ya dari ketagihan kamu itu !.
Masa iya iklan rokok akan berbohong
10. Sekarang begini saja, Beli permen yang bisa diecerpun ada tulisan daftar kandungan isi dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia . Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok ?

KEUNTUNGAN MEROKOK
- bnyk lapangan pekerjaan (pabrik rokok bnyk)
- bea cukai makmur
- olahraga makin maju (sponsor)
- hobi ane tersalurkan (pertandingan basket sponsorny bnyk dari rokok)
- ane jd bnyk pasien!!! (coz bukan aje yg ngrokok yg kena efekny,org yg kagak ngrokok jg jd ikutan kena)

YA ITU CUMA PERTIMBANGAN BUAT KALIAN2,,MAU MEROKOK BAGUSLAH BANTU RUMAH SAKIT (PENDAPATAN BERTAMBAH JD TMBH MAJU), DAN NEGARA (JML PENDUDUK BERKURANG)....
MAU BERHENTI/TDK MEROKOK YA BAGUS JUGA (JADI KALIAN SYG DIRI DAN MAU MENJAGA TUBUH YG SDH DBERIKAN TUHAN UTK KALIAN{tanggung jwb neh?!}):gembira: 
 
referensi : vivanews.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar